Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Cotton Combed, Bahan Bikin Baju Kaos

bikin-baju-kaos

Cotton combed adalah salah satu bahan yang paling banyak direkomendasikan sebagai bahan bikin baju kaos. Bahan ini terbuat dari 100% serat alami kapas, sehingga memberikan banyak kelebihan ketika digunakan sebagai bahan kaos.

Bahan ini memiliki permukaan yang halus dan lembut. Sehingga sangat nyaman ketika menyentuh kulit. Selain itu tidak perlu khawatir akan menyebabkan luka atau iritasi ketika bergesekan dengan kulit. Kemudian memiliki daya serap keringat yang tinggi, sehingga nyaman digunakan seharian. 

Bahan cotton combed memang menjadi favorit untuk membuat kaos. Biasanya bahan ini digunakan untuk membuat kaos distro yang memiliki kualitas baik. Hal ini membuktikan bahwa cotton combed bukan bahan yang kaleng-kaleng. 

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Cotton Combed Bahan Bikin Baju Kaos

Secara keseluruhan kita tahu bahwa cotton combed untuk bikin baju kaos memiliki kualitas yang baik. Namun terkadang hasil produksi satu tempat dengan tempat lain itu berbeda. Hal dikarenakan kualitasnya dipengaruhi banyak hal. Berikut ini penjelasan beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas bahan cotton combed, yaitu:

1. Teknik produksi

Faktor pertama yang mempengaruhi kualitas dari bahan cotton combed adalah teknik produksi yang digunakan. Baik teknik pengolahan dan benang yang digunakan akan menimbulkan perbedaan pada tingkat kelembutan, kekuatan dan elastisitas kain. Jika mesin yang digunakan bagus, maka akan menghasilkan permukaan yang kain yang lebih merata tidak bergelombang.

2. Sumber serat kapas

Sebagai bahan dasar tentu sumber serat kapas ini sangat mempengaruhi kualitas dari bahan cotton combed. Serat kapas yang memiliki kualitas lebih baik pasti akan menghasilkan kain yang lebih halus dan lembut. Begitu juga sebaliknya, jika kualitas serat lebih rendah maka akan membuat bahan yang dihasilkan memiliki kualitas yang biasa saja.

3. Produsen dan merk bahan

Faktor yang ketiga yaitu dari produsen dan merk bahan cotton combed. Setiap merk pasti memiliki kualitas yang berbeda. Produsen satu dengan yang lain juga memiliki standar kualitas yang tidak sama. Sehingga tidak heran jika terdapat bahan yang sama-sama cotton combed tapi memiliki harga dan kualitas yang berbeda satu dengan yang lainnya. 

Beberapa produsen dan merk terkenal pasti memiliki jam terbang yang lebih tinggi, sehingga memiliki reputasi yang lebih baik. Sehingga bahan yang dihasilkan pasti memiliki kualitas yang tinggi. Sedangkan yang lain mungkin memiliki standar yang berbeda atau lebih rendah. 

Itulah 3 faktor yang dapat mempengaruhi kualitas bahan cotton combed. Dengan mengetahuinya kamu tidak akan heran lagi kenapa tempat dengan yang lain memiliki bahan cotton combed yang terkesan berbeda. 

 

Dari semua faktor diatas dapat disimpulkan bahwa tidak banyak yang mempengaruhi kualitas bahan cotton combed. Sehingga secara keseluruhan memiliki kualitas dan kelebihan yang sama. Sehingga kamu tidak perlu untuk mencari dan sibuk memutuskan bahan merk apa yang akan digunakan untuk bikin baju kaos. 

Setiap bahan cotton combed yang terbuat dari 100% serat kapas asli akan memiliki sifat yang adem ketika digunakan. Sehingga sangat cocok digunakan di Indonesia yang memiliki iklim tropis dimana suhu udaranya lebih panas. 

Selain itu kamu juga harus mengetahui bahwa terdapat 4 jenis cotton combed berdasarkan tingkat ketebalannya. Sehingga jangan bingung jika ada yang bertanya ingin menggunakan bahan yang mana, apakah 20s,24s,30s, atau 40s. Angka itu mewakili tipe benang yang digunakan dalam proses perajutan bahan. Semakin kecil angkanya maka semakin tebal bahannya. Begitu sebaliknya, semakin besar angkanya semakin tipis bahannya. 

Sehingga ketika memilih bahan cotton combed sebagai bahan bikin baju kaos kamu juga harus memilih bahan dengan angka berapa. Dan semakin kecil angkanya semakin berat juga bahan tersebut, begitu juga sebaliknya. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *