Berikut 4 Jenis Jahitan Yang Perlu Dikenali Sebelum Bikin Baju Online

bikin-baju-online

Ketika akan bikin baju online maka harus mengerti apa saja yang perlu dipersiapkan. Dan tentunya juga harus mengerti jenis jahitan yang sering digunakan agar bisa memilih jahitan mana yang akan digunakan dalam pembuatan baju. Setelah juga dapat menilai kualitas baju dengan melihat jahitan yang digunakan.

Fungsi dari jahitan adalah menghubungkan atau menggabungkan antara dua bagian bahan menjadi satu. Misalnya bagian badan depan dengan belakang atau bagian pundak dan lengan. Sehingga untuk mendapatkan baju yang kuat dan tahan lama juga harus menggunakan jahitan yang kuat. Jika jenis jahitan yang digunakan tidak memiliki kekuatan yang baik akan membuat baju lebih mudah sobek sehingga tidak awet.

Mungkin jika kamu masih pemula atau masih awam, maka menyerahkan pemilihan jenis jahitan yang digunakan kepada jasa konveksi adalah jalan keluarnya. Namun kamu tidak akan mengetahui apakah kualitas jahitan tersebut kuat dan berkualitas. Jadi setidaknya ketika kamu mengenal beberapa jenis jahitan akan bisa menilai bagaimana kualitas yang dihasilkan oleh jasa tersebut.

Kenali 4 Jenis Jahitan Berikut Sebelum Bikin Baju Online

Membuat baju secara online membuat kamu tidak tahu bagaimana proses produksi baju berlangsung. Sehingga kamu harus percaya sepenuhnya terhadap jasa konveksi yang dipilih. Namun kamu tetap bisa request atau meminta pada jasa konveksi untuk menggunakan jenis jahitan tertentu. Nah, untuk itu kamu perlu mengenali 4 jenis jahitan berikut ini sebelum membuat baju online, yaitu:

1. Jahitan Lurus

Jahitan lurus adalah jenis jahitan yang umum digunakan untuk membuat berbagai jenis baju. Seperti namanya pola dari jahitan ini lurus dan saling menyambung atau tidak ada spasi seperti jahitan tangan. Namun untuk baju kaos yang berkualitas jarang menggunakannya, karena dinilai kurang kuat. Sehingga hanya sering digunakan untuk menumpuk jahitan obras agar lebih kuat. Atau biasa digunakan untuk membuat kemeja.

2. Jahitan Obras

Jenis jahitan kedua yang perlu dikenali sebelum bikin baju online adalah jahitan obras. Jahitan ini dihasilkan menggunakan mesin obras high speed. Meskipun pemula atau orang awam pasti pernah mendengar jahitan ini, karena umum digunakan untuk berbagai jenis baju. Fungsinya yaitu untuk menggabungkan beberapa bagian bagian badan, seperti bagian badan dengan badan lalu bagian badan dengan lengan.

Kelebihan jahitan obras ini sangat kuat dan memiliki daya renggang atau ekstensibilitas yang sangat baik. Sehingga mampu mengikuti bahan ketika ditarik. Namun kekurangannya adalah jahitan mudah lepas ketika benangnya ditarik.

3. Jahitan Overdeck

Jahitan overdeck dihasilkan dari mesin yang juga bernama overdeck berkecepatan tinggi. Dimana membutuhkan 3 benang dengan dua jarum. Jahitan ini biasanya digunakan pada bagian ujung bawah baju kaos, ujung lengan dan bagian belakang leher. Kelebihannya akan membuat kaos menjadi lebih kuat dan tidak mudah sobek. Namun akan membuat harga baju cenderung lebih mahal.

4. Jahitan Rantai

Jenis jahitan terakhir yang perlu dikenali sebelum bikin baju online adalah jahitan rantai. Seperti namanya, jahitan tersebut memiliki pola seperti rantai. Umumnya diaplikasikan pada bagian pundak dan kerah baju kaos.

Pada awalnya jahitan ini hanya digunakan untuk mempermudah penjahitan kaos. Namun saat ini telah digunakan sebagai salah satu tolak ukur baju kaos yang berkualitas. Sehingga wajib buat kamu untuk memilih jenis jahitan ini untuk membuat baju. Kelebihan jahitan rantai adalah memiliki hasil yang rapi. Sedangkan kekurangannya akan mudah terbuka jika ujung benangnya ditarik.

 

Itulah keempat jenis jahitan yang harus kamu kenali sebelum bikin baju online. Dengan mengenalinya kamu akan tahu bagaimana kualitas baju yang dihasilkan oleh jasa konveksi yang dipilih. Atau kamu bisa meminta mereka untuk menggunakan beberapa jahitan diatas untuk lebih memastikan kualitas baju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *